Pages

Jumat, 22 Februari 2013

Tehnik crossover



TEHNIK CROSSOVER

 Sebuah menggiring bola crossover manuver basket di mana seorang pemain menggiring bola switch bola cepat dari satu tangan ke tangan yang lain, untuk membuat perubahan dalam arah. Dalam satu contoh pemain kepala upcourt, dribbling bola di (katakanlah ) tangan kiri, kemudian membuat langkah lebar kiri dengan kepala palsu yang baik. Jika bek yang tertipu, pemain kemudian dapat beralih ke menggiring bola dengan tangan kanan dan melampaui bek. Crossover dapat memungkinkan pemain sebuah jumper pendek terbuka atau jalan yang jelas ke keranjang.


Ada enam tipe dasar crossover:

    CROSSOVER NORMAL: Dalam crossover yang normal pemain cepat berubah arah saat beralih bola

ke tangan yang lain. Langkah ini terutama bergantung pada kecepatan.

    CROSSOVER SETENGAH: Dalam crossover setengah, pemain membawa bola dari satu sisi tubuh mereka di dada mereka dan kembali ke posisi semula dalam satu gerakan. Langkah ini sering dilakukan dengan palsu kepala dan langkah menuju sisi berlawanan dari posisi semula untuk membuatnya lebih "dipercaya". Sebuah variasi dari langkah mungkin termasuk pemain melakukan crossover normal setelah crossover setengah menyebabkan kesulitan lebih lanjut untuk pemain defensif.

    CROSSOVER PEMBUNUH: Dalam langkah ini palsu pemain dalam satu arah, umumnya dengan langkah lebar dan kepala palsu dan biasanya dari macet. Pemain kemudian beralih menggiring bola ke sisi lain di antara kakinya dan bergerak ke arah itu. Ini adalah salah satu metode yang paling efektif untuk melarikan diri bek yang menjaga erat. Hal ini juga populer di streetball karena dapat menyebabkan bek kehilangan keseimbangan dan jatuh dalam mencoba untuk bereaksi terlalu cepat.

        BOSTON CROSSOVER: Langkah ini dikenal sebagai crossover paling sulit dibuat, dalam hal ini pindah Anda bouncing bola dengan satu tangan dan jauh dari tubuh Anda dalam arah yang sama maka Anda membawanya kembali dengan sisi lain dalam gerakan kental. Dinamakan crossover Boston setelah diciptakan oleh Bob Cousy, langkah ini merupakan crossover yang sangat sulit yang mengakibatkan sandungan dari lawan. Hal ini digunakan di NBA jarang dan jika digunakan hanya digunakan oleh mantan pemain yang paling canggih. (Derrick Rose, Allen Iverson, Jamal Crawford, Scott Pippen, Kyrie Irving, Rajon Rondo).
    Crossover ganda: Langkah ini dapat dianggap crossover pura-pura. Para pemain ofensif melintasi bola di atas (seperti dengan crossover normal atau pembunuh) lalu cepat-cepat melintasi bola kembali ke posisi semula. Crossover ganda tidak ditujukan untuk melanggar bebas dari bek begitu banyak seperti menyebabkan kebingungan dan melanggar keseimbangan bek. Langkah ini juga dapat direplikasi terjadi antara kaki atau di belakang punggung.

    ANKLE-BREAKING CROSSOVER: Ketika bergerak crossover dilakukan dan perjalanan bek atas dirinya sendiri dan jatuh.

Langkah crossover asli telah digunakan oleh semua posisi lima di pengadilan, tetapi terutama oleh penjaga titik dan menembak. Oscar Robertson dikenal untuk melakukan langkah tersebut sedini tahun 1960-an serta Dwayne Washington saat bermain untuk Syracuse pada awal 1980-an, namun Tim Hardaway dikreditkan dengan mempopulerkan crossover pembunuh di NBA, sementara Allen Iverson telah dipopulerkan crossover ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar